Tuesday, 13 January 2015

Manajemen perkantoran

Manajemen perkantoran
                Fungsi manajemen menurut G.R Terry yaitu sebagi berikut :
 Perencanaan, seorang peminpin yang mampu mempengaruhi, pengarahan, pengawasan.
Menurut G.R terry manajemen perkantoran adalah perencanaan pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran. Yaitu menggerakan orang-orang yang melaksanakan pekerjaan agar mencapai tujuan yang telah di tentukan.
Fungsi manajement perkantoran adalah :
1.Perecanaan (planning) adalah merupakan fungsi yang akan menetukan rangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang di inginkan.
Tugas seorang manager dalam perencanaan yaitu:
a.       Harus memikirkan apa yang akan di kerjakan denga sumber daya yang dimiliki.
b.      Harus melihat apakah rencana yang di pilih itu cocok dan dapat di gunakan perusahaan apa yang di lakukan itu cocok.
c.       Harus mengusai apa yang sudah di rencakan sebelum mengambil keputusan.
2.Pengorganisasian (organizing)
Fungsi pengorganisasian adalah dapat mempermudah pimpinan dalam melaksanakan pengawasan dan menentukan orang-orang yang di butuhkan untuk melaksakan tugas yang telah di tentukan.
Menuntekan tugas tersebut dapat di lakukan dengan cara:
a.       Siapa yang harus mengerjakan.
b.      Bagaimana mengerjakan tugas itu.
c.       Siapa yang akan bertanggung jawab.
Fungsi pengorganisasian dalam manajemen perkntoran adalah
a.       Dapat menguraikan tugas dari setiap bidang pekerjaan secara jelas.
b.      Dapat membantu mewujudkan struktur organisasi.
c.       Dapat di ketahui sumber daya alam yang di butuhkan.
Langkah-langkah pengorganisasian.
a.       ngetahui tujuan
b.      Pembagian tugas dalam u dengan kemampuannya.
c.       Dapat di ketahui sumber daya manusia yang di butuh
3.Pengarahan
                Pengarahan merupakan fungsi manajemen untuk memberi bimbingan, saran, perintah, dari atasan kepada bawahandalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas tersebut benar-benar di kerjakan sesuai prosedur. Seorang manajer harus mengusahakan agar semu anggota kelompok berusaha mencapai sasaran.
4.Pengawasan
                Pengawasan berfungsi untuk menjaga agar seluruh kegiatan tidak menyimpang dari rencana, sehingga tujuan organisasi dapat di selesaika.
Langkah-langkah kegiatan pengawasan.
a.       Menentukan objeck yang akan di awasi.
b.      Menetapkan standar sebagai alat ukur pengawasan tersebut.
c.       Menetukan prosedur, waktu dan tehnik yang di pergunakan.
d.      Melakukan tindakan perbaikan terhadap suatu penyimpangan.
Tujuan pengawasan
a.       Mencegah terjadinya penyimpangan   
b.      Mencegah terjadinya kesulitan dalam pelaksanaan kerja.
c.       Agar proses kerja sesuai dengan rencana yang sudah di tentukan.
d.      Mencegah adanya penyalah gunaan wewenang.
Tujuan manajemen perkantorang adalah :
1.       Untuk menyediakan informasi secara lengkap dan dapat di pertanggung jawabkan.
2.       Untuk memberikan keterangan kepada pelanggan/mitra kerja.
3.       Untuk membantu persuahaan dalam memenuhi kebutuhan.
4.       Memberikan cacatan dan laporan dan cukup dengan biaya yang efektip.

No comments:

Post a Comment