Pengetian organisasi
Kata “organisasi” mempunyai dua pengertian umum yang pertama yaitu
menandakan suatu lembaga atau kelompok atau fungsional, seperti organisasi
perusahaan, rumah sakit, perwakilan pemerintahan, atau suatu perkumpulan olah
raga atau tim sepak bola dan voli, pengertian yang kedua yaitu berkenaan dengan
proses pengorganisasian, di alokasikan dan di tugaskan antara diantara
anggotanya agar tujuan organisasinya
tercapai.
Dua aspek penyusunan struktur
oraganisasi yaitu departementelisasi dan pembagian kerja. Departemelisasi yaitu
merupakan pengelompokan kegiatan sejenis dan saling berhubungan yang dapat di
kerjakan bersama. Pembagian kerja yaitu princian tugas kepada individu atau
sekelompok yang di namakan team work dalam organisasi sehigga
dapat beratanggung jawab dalam setiap melaksanakan tugas dan kegiatan.
Proses organisasi
dapat di tunjukan dengan 3 langkah prosedur yaitu sebagai berikut :
1. Pemeriksaan atau pengecekan setiap pekerjaan yang harus di kerjakan
untuk menacapai tujuan sebuah organisasi
2. Pembagian beban dapat di laksanakan menjadi kegiatan-kegiatan yang
seacara logis dapat di laksanakan oleh satu orang pembagian kerja sebaiknya,
agar tidak tidak terlalu berat sehingga pekerjaan dapat di kerjakan secara
efisien.
3. Pengadaan dan pembagian suatu mekanisme untuk mengkordinasikan
pekerjaan anggota organisasi menjadi organisasi yang harmonis dan menjadikan
organisasi yang solid dan memeprhatikan anggotanya agr tidak terjadiny konflik.
Struktur oganisasi
Strukstur organisasi menunjukan suatu susunan orang-orang yang
mempunyai kedudukan, tugas wewenang dan tanggung jawab yang bebrbeda dalam
suatu organiasi. Struktur ini mengandung unsur-unsur spealisasi kerja, standar
dan kordinasi kerja. Sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan
dan besaran (ukuran) satuan kerja.
1.
Sepealilsasi kerja adalah kegiatan
yang berkenanan yang spesikasi tugas individu dan kelompok kerja dalam
organisasi (pembagian kerja ) dan penyatuan tugas-tugas tersebut menjadi satuan
kerja yaitu departement.
2.
Standar kerja yaitu merupakan
prosedur-prosedur yang di gunakan oragnisasi untuk menjamin terlaksananya
pekerjaan yan telah di rencanakan.
3.
Kordinasai kegiatan yaitu
menunjukan prosedue-prosedur yang mengintegrasikan oraganisasi untuk pekerjaan
yang telah di renacanakan.
4.
Sentraliasasi dan desentralisasi
yaitu pembuatan keputusan letak atau lokasi tempat yang di tuju dalam kekuasaan
keputusan oranisasi.
5.
Ukuran satuan kerja yang
menunjukan jumlah karyawan dalam suatu kelompok kerja.
No comments:
Post a Comment